Do You Know Grace?


grace_logo_whiteback

source: twitter.com/grace_chicago

Grace? Duh, Grace yang mana?

Aduh… bukan, bukan. Ini bukan Grace nama orang. Ada tuh murid saya namanya Grace. Tapi bukan tentang seseorang.

Kira-kira, ada yang tahu nggak sih apa itu ‘GRACE ? Awalnya saya sekedar tahu kalau grace alias anugrah itu adalah kasih Tuhan yang agape sehingga Dia berkorban untuk kita di atas kayu salib. Tetapi setelah saya semakin dewasa (ciyeeeh, udah dewasa kkkk :p) saya paham akan apa arti grace ini sesungguhnya.

Setiap pagi setelah membaca Alkitab, saya selalu membaca renungan bawaan Alkitab versi Bible – YouVersion. Judulnya “How To Get What You Don’t Deserve” : Mendapatkan Apa Yang Tidak Layak Kamu Dapatkan (kali aja ada yang nggak tahu artinya :p). Dari judulnya saja sudah menohok gitu kan ya?

Ini sudah hari ke-5 dari total 7 hari renungan. Kata lain dari grace itu selain yang kita sudah kenal sebagai ‘anugrah’ adalah ‘mendapatkan apa yang tidak layak kamu dapatkan’. Nah yang ke-5 ini berbicara lebih dalam lagi.

Saya ini lahir dari keluarga pemusik, normally saya punya talenta dalam bidang musik. Ya, benar. Saya menyanyi, main musik dan menciptakan lagu (#promo dikit lah). Namun semua orang yang lahir dengan talenta musik belum tentu bisa ‘dikenal’ orang, atau setidaknya talenta itu ‘terpakai’ entah sengaja atau nggak sengaja. Banyak kali yang punya talenta tapi ternyata jadi useless karena sengaja nggak mau ngembangin. Mendingan talenta itu dikasi deh ke orang yang nggak punya talenta musik tapi mati-matian usaha supaya bisa bermusik.

Nah, saya itu tahu talenta saya di bidang musik itu nggak sebesar adik saya yang suaranya menggelegar-luar-biasa-hebat-layaknya-guntur-yang-mengguncang-dunia-bahkan-alam-semesta-ini, atau papa saya yang telinga nya sangat tajam sampe kalo saya mencet satu nada di piano aja langsung tahu itu notasinya apa. Tetapi ternyata Tuhan memakai saya dengan cara yang berbeda. Saya pun juga tidak pernah menyangka.

Suatu kali ketika saya sedang chatting dengan salah satu teman saya yang berkewarganegaraan Amerika melalui Facebook, dia kemudian cerita tentang anaknya yang mengidap autis. Entah kenapa saya tergelitik di dalam hati untuk menciptakan sebuah lagu untuk dia. Dalam satu jam saya membuat lirik beserta lagunya. Setelah itu saya rekam apa adanya dengan gitar, suara asli saya (ya iyalah) dan juga hape. Saya kirim deh ke dia.

Ternyata anak teman saya itu mendengarkan dan sangat senang sekali. Anaknya jadi terbangun semangat dan imannya. Ketika saya mengikuti update-an tentang anaknya, percaya atau tidak, dia tampak sama sekali berbeda dari sebelumnya. BANGET!! Dia mulai bergaul sama banyak teman, dan keautisannya udah nggak sekental dulu. Itu yang teman saya ceritakan.

Saya kagum sekali dengan kejadian ini. Jujur, hari-hari itu saya merasa down karena merasa suara saya tidak sebagus adik saya dan permainan musik saya tidak maksimal seperti yang papa saya harapkan. Saya jadi malas untuk berlatih dan cenderung untuk menutup diri. Sampai hari itu tiba dimana mujizat (saya sebut mujizat ya), dan mencelikkan saya.

Kalau saya yang jadi Tuhan, saya pasti udah ngambil itu talenta dari orang yang males banget mengembangkan ke orang yang mati-matian belajar walau nggak punya talenta. Tapi toh ternyata Tuhan yang sesungguhnya nggak seperti itu. Di saat saya berada dalam kondisi yang malesin banget kalau saya boleh sebut, justru Tuhan menunjukkan kasihNya.

Itulah salah satu yang disebut dengan grace.

Saya waktu itu sama sekali nggak layak untuk dipakai dengan cara yang ajaib karena sikap saya. Tapi Tuhan begitu mengasihi saya hingga Dia memakai saya. Sejak hari itu, saya benar-benar bertobat dan memakai talenta saya untuk kemuliaan Tuhan.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merasakan grace? Apakah kamu benar-benar paham apa itu grace?

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

